Pages

Wednesday 23 September 2020

Kenangan Indah Bersama PGRI Propinsi Riau

Selasa, 15 September 2020 mungkin Sebagian orang adalah hari yang biasa, hari yang tidak memiliki makna, hari yang tidak terlalu penting, namun bagi saya hari itu merupakah hari yang membuka wawasan baru, memberikan pembelajaran yang baru serta hari itu merupakan hari di mana pola pikir saya bertambah berkembang. Kenapa ?

Selasa, 15 September 2020 adalah di awal mulainya workshop Smart Learning and Character Center PGRI Provinsi Riau dalam temanya Guru Hebat Guru Menulis, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan baru yang saya ikuti baik materi-materinya maupun proses pelatihannya atau workshopnya.

Workshop yang dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2020 sampai dengan 21 September 2020 dilaksanakan dengan system Daring, workshop jarak jauh dimana narasumber dan peserta tidak dalam satu ruangan namun di lakukan pada tempat tinggal masing-masing. Saat ini system seperti ini di namakan Webinar.

Dari kegiatan ini sangat banyak ilmu yang saya peroleh, berbagai pengetahuan tentang tulis menulis saya dapatkan, dan saya lebih mengenal tentang PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Provinsi Riau. Saya akui, saya belum faham betul dengan organisasi PGRI karena gaungnya tidaklah se viral artis dadakan. Saya hanya tahu PGRI itu sekedar mengadakan Upacara peringatan, perlombaan dalam rangka memperingati hari lahirnya selain itu nihil tidak tahu sepak terjang organisasi ini. Mungkin ini karena keterbatasan informasi yang saya peroleh terkait PGRI.

Bersyukur, akhirnya melalui webinar ini saya mendapat informasi yang lengkap dan utuh tentang PGRI, sebuah organisasi besar yang didalamnya terisi oleh orang-orang hebat, orang-orang mulia dan orang-orang yang memiliki cita cita luar biasa yaitu GURU. Organisasi yang menaungi dan melindungi serta memperjuangkan hak guru ini inti yang saya peroleh dari tujuan PGRI itu sendiri.

Sejak itu berubah persepsi saya terhadap organisasi PGRI ini, dari yang selalu minta iuran wajib saja dan tidak ada tindak lanjut terkait nasib guru-guru terutama seperti kami yang masih guru honor namun dengan mengikuti webinar ini mulai terbuka bahwa mereka (pengurus PGRI) akan tetap memperjuangkan nasib kami.

Workshop yang di fasilitasi oleh PGRI ini juga merupakan bukti nyata kerja PGRI dalam meningkatkan kualitas keilmuan para guru, meningkatkan mutu guru dan membekali guru agar mampu memposisikan dirinya terhadap perkembangan zaman yang semuanya sudah mengalami perubahan atau boleh ambil istilah dari pak Jokowi Presiden Republik Indonesia adalah  transformasi digital. Perubahan system manual menjadi system digitalisasi.

Luar biasa ilmu yang tersebar dalam webinar ini, semua narasumber ahli di bidangnya, motivasi-motivasi narasumber sangat melekat dalam pikiran saya, menjadi saya lebih semangat dan semakin percaya diri dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai seorang guru.

Menulis sebenarnya bukanlah suatu hobi yang saya tekuni, namun dengan motivasi narasumber bahwa menulis salah satu bentuk pengabdian seorang guru sekaligus menjadi prasasti yang akan di ingat sepanjang masa oleh semua orang. Walau tertatih saya mencoba untuk menulis, menuangkan hasil pemikiran kedalam sebuah kalimat. Tak di pungkiri walau kaidah dan tata Bahasa masih banyak yang di langgar dengan semangat yang kuat saya kan tetap menulis.

Terima kasih narasumber yang telah mentransfer ilmu dan semangatnya kepada kami, terima kasih guru hebat yang tergabung dalam webinar ini, sungguh merupakan anugerah yang tidak terkira dapat berkenalan dengan orang-orang hebat dari penjuru daerah seprovinsi riau ini. Salam kenal, salam sukses, dan salam guru.

Kenangan ini akan menjadi support bagi saya untuk selalu berkarya dalam memajukan dunia Pendidikan, mencetak generasi bangsa yang memiliki kecerdasan ilmu pengetahuan serta kecerdasan spiritual dan siap mengantarkan mereka menuju kehidupan mereka yang sebenarnya tentunya dengan bekal intelektual dan spiritual tadi.

Waktu yang singkat yang saya rasakan mengikuti kegiatan ini, masih banyak yang harus di ketahui, masih banyak yang harus di kaji, semoga saja hal semacam ini akan tetap dilakasanakan oleh PGRI, baik PGRI tingkat propinsi, PGRI tingkat Kabupaten maupun PGRI tingkat kecamatan, karena kegiatan ini sangat positif dan mampu mengecas motivasi guru yang sekarang ini sedang lesu karena terbebani kegiatan pembelajaran daring maupun luring yang sangat “membosankan” dan sama sekali tidak efektif.

Jayalah PGRI, Jayalah Guru Indonesia, Jayalah guru Propinsi RIAU ….


Profil Penulis

Imas Masitoh,S.Pd. Guru SD Negeri 004 Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kab. Kampar. Email : kirankhalifasakhi@gmail.com. Berkarya dan terus berusaha menjadi guru Profesional.


0 comments:

Post a Comment